Ade Komariah, Pengidap HIV yang Giat Kampanyekan ARV

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com – Ade Komariah (37), seorang ibu rumah tangga yang positif HIV tak kenal lelah mengajak para pengidap HIV baru untuk mengonsumsi anti retroviral (ARV).

 

“Pagi ini saya ingin mengunjungi pasien, seorang ibu yang baru melahirkan dan dia telah dinyatakan positif,” kata dia membuka percakapan awal kepada Kompas.com, Selasa (1/12/2015) kemarin.

 

Seolah sudah menjadi pekerjaan Ade untuk meyakini para pengidap HIV baru untuk membuka cara berfikir. “ODHA (orang dengan HIV/AIDS) ini dari sebelum hamil sudah dinyatakan positif, tetapi tetap bersikukuh tidak mau mengonsumsi ARV dan kini anaknya telah lahir,” ujar Ade.

Menurut Ade, ibu dengan HIV pada kondisi tertentu bisa jadi menularkan pada bayi yang dilahirkannya melalui proses persalinan normal.

 

“Minimnya pemahaman tentang HIV akhirnya terus menggerogoti daya tahan tubuhnya dan jika dia seorang yang memiliki prilaku seks yang berisiko maka sudah pasti menularkan pada lainnya,” tutur dia. Apalagi diketahui, bahwa calon pasien barunya itu bekerja sebagai pekerja seks di Kawasan eks lokalisasi Kecamatan Panjang Kota Bandarlampung.

 

“Kita tidak tahu, apakah selama berjualan itu dia menggunakan pengaman seperti kondom,” imbuh ibu empat anak itu. Pemahaman minim inilah, menurut dia, tak hanya merugikan diri sendiri tetapi merugikan orang lain juga. Ade mengaku terketuk untuk masuk ke kawasan itu dan memberi penjelasan, apalagi dia juga sudah menjadi ODHA sejak delapan tahun lalu, dan tetap bertahan hidup dengan mengonsumsi ARV.

 

“Mungkin dengan pengalaman saya dan melihat saya secara langsung yang tetap sehat ini, hati ODHA baru itu akan terketuk dan membuka diri secara penuh,” kata Ketua Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) Lampung itu.

 

Sementara itu Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Asih Hendrastuti menyebutkan ada 51 titik pelayanan konseling testing sukarela. “Pelayanan itu berada di puskesmas dan setiap ibu hamil yang datang pasti kami anjurkan untuk tes VCT dalam rangka pencegahan penularan ibu dan anak,” kata dia.

 

Tulisan ini diambil dari Artikel di website Kompas

http://regional.kompas.com/read/2015/12/02/06000061/Ade.Komariah.Pengidap.HIV.yang.Giat.Kampanyekan.ARV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *